Sindikat Pencuri dengan Modus Ganjal ATM Ditangkap

 

 

 

Sukday.com – Polres Jakarta Barat menguak sindikat pencurian dengan modus mengganjal ATM. Empat orang yang masuk dalam sindikat tersebut berupaya melaikan diri saat ditangkap sehingga petugas menembakan peluru terhadap pelaku.

Empat anggota komplotan tersebut yakni M Firmansyah (MF), Mulyadi (M), Rusdi Bawono (RB), dan Irfan Maulana (IM). Dan masing-masing mempunyai peran untuk melaksanakan aksinya.

“RB berperan memasukan tusuk gigi ke mesin, M berperan menipu dan menukar ATM korban. IM mengintip nomor pin korban, MF memantau situasi dan berada di mobil,” kata Kanit Krimum Polres Metro Jakarta Barat, AKP Rulian Syauri, Selasa (10/4/2018).

Tim Gabungan dari Kasubnit Jatanras pimpinan Ipda Reza Arif Hadafi serta Kasubnit Cyber Crime pimpinan Iptu Dimitri Mahendra sukses menangkap para pelaku yang tersebar si sejumlah lokasi.

“Yang pertama kali ditangkap adalah M dan RB di Hotel Golden Sky pada Jumat (6/4), MF ditangkap pada Sabtu (7/4) Jembatan Besi, dan satu lagi IM pada Minggu (8/4),”¬† kata Rulian.

Ketika akan diringkus, empat tersangka berupaya melawan petugas dan hendak kabur. Namun, akhirnya polisi menembak pelaku pada kakinya.

“Karena melawan, kita lakukan tindakan tegas dan terukur,” ujar Rulian.

Empat pelaku adalah sindikat pencurian yang menggungakan modus mengganjal ATM dan telah beraksi di 36 lokasi dengan jumlah kerugian sebanyak  Rp 700.000.000. Penyidik masih akan terus melakukan pendalaman pada kasus tersebut karena diduga masih terdapat sejumlah anggota yang masih belum ditangkap.

“Kasus ini masih kita kembangkan. Beberapa orang masih dalam pengejaran,” kata Kasat Reskrim Polres Metro Jakarta Barat AKBP Edi Sitepu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *