Panen Tembakau Bagus, Kasus Narkoba Ikut Naik

Sukday.com – Tingkat panen tembakau yang ada di Temanggung juga termasuk salah satu yang menjadikan angka kasus narkoba menjadi naik. Seperti pada tahun lalu ketika hasil panen tembakau bagus, kasus narkoba juga mengalami peningkatan.

“Kondisi sosial geografis dan finansial masyarakat mempengaruhi fluktuasi pengungkapan kasus narkoba. Contohnya, panen tembakau tahun 2016 lalu cenderung gagal, kondisi finansial masyarakat kurang dan berpengaruh pada rendahnya tingkat konsumsi dan peredaran narkoba,” kata Kepala Satuan Narkoba Polres Temanggung, AKP Ari Sulistyawan di Mapolres Temanggung, Jumat (14/7/2017).

Perkiraan pada tahun ini panen tembakau juga akan bagus, dan sudah diprediksi kasus narkoba akan ikut naik pula. “Faktor lainnya, jika aparat terus bergerak mengungkap kasus narkoba, maka para pelakunya akan cenderung tiarap. Peredaran narkoba akan bergeser ke daerah lain di sekitar Temanggung, seperti Magelang,” ungkap Ari.

Menurutnya hingga akhir semester pertama tahun 2017 ini, Polres Temanggung berhasil mengungkap 12 kasus narkoba. Sementara tahun 2016 lalu petugas mengungkap 17 kasus hingga akhir tahun.

Sebagian besar kasus adalah pemakaian narkoba jenis sabu dan ganja. Lainnya bervariasi, dari jenis riklona, putaw, dan jenis psikotropika.

Sementara itu, Kasi Pidana Umum Kejaksaan Negeri Temanggung, Antoni menambahkan ada peningkatan kasus narkoba yang ditangani oleh kejaksaan.

“Tahun ini memang trennya meningkat. Pada 2016, kami hanya menangani 10 kasus narkoba. Tapi tahun 2017 ini, sejak Januari hingga Juli sudah menangani antara 15 hingga 20 kasus,” pungkas Antoni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *