KPK Akan Siap Hadir Pada Sidang Perdana Gugatan Praperadilan Fredrich Yunadi

 

 

 

 

Sukday.com – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah bersiap untuk melakukan perlawanan atas permohonan gugatan praperadilan yang dilayangkan oleh tersangka kasus dugaan penghalangan proses hukum kasus e-KTP, Fredich Yunadi.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengungkapkan lewat Biro Hukum bahwa KPK akan menjelaskan bukti-bukti penetapan tersangka kepada mantan pengacara Setya Novanto tersebut adalah sah.

“Kami yakin seluruh proses formil yang dilakukan oleh KPK dalam proses penyelidikan dan penyidikan,” ungkap Febri di Gedung KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Selasa 30 Januari 2018.

Febri menjelaskan tindakan hukum yang dijalankan ole penyidik KPK dan tim penyelidik kepada Fredrich berlangsung sesuai dengan undang-undang KPK. Tidak hanya Fredrich, kasus tersebut juga mneyeret salah satu dokter Rumah Sakit Medika Permata Hijau Bimanesh Sutarjo.

“Dengan dua tersangka ini, FY dan BST itu kami lakukan secara benar sesuai dengan hukum acara yang berlaku. Substansi buktinya juga sangat kuat dugaan bahwa ada perbuatan-perbuatan menghalangi halangi penanganan kasus KTP elektronik itu sudah kita miliki buktinya,” tuturnya.

Febri memastikan KPK akan hadir dalam sidang pertama yang akan digelar pada 5 Februari 2018 di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sebelumnya, Febri mengatakan tim biro hukum KPK akan melakukan pendalaman atas gugatan yang diajukan oleh Fredrich.

“Kita pertimbangkan dulu kita pelajari dulu suratnya kita pelajari substansi dari permohonan tersebut,” kata Febri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *