Gunung Agung Dapat Erupsi Tanpa Munculkan Tanda-Tanda

 

 

 

 

Sukday.com – Pusat Vulkanologi Mitigasi dan Bencana Geologi (PVMBG) mengungkapkan erupsi Gunung Agung di Karangasem, Bali dapat mengalami erupsi secara tiba-tiba dan tidak ada pertanda.

Berdasarkan data pemantauan terakhir di pos pengamatan Gunung Api di Desa Rendang, Karangasem mengindikasikan sekarang ini Gunung Agung tengah berada dalam sistem terbuka. Magma sangat mudah untuk naik ke permukaan yang biasa disebut dengan erupsi.

“Kita lakukan pengamatan ternyata memang bisa tidak ada tanda-tanda akan erupsi atau hanya tanda singkat. Tiba-tiba saja keluar. Memang ada beberapa yang ada indikasi. Tapi saat ini tidak,” ungkap Kepala Sub-Bidang Mitigasi Pemantauan Gunung Api Wilayah Timur PVMBG Devy Kamil Syahbana, Kamis (5/7/2018).

Berdasarkan pemantauan sekarang ini lewat citra satelit, masih terdapat material panas yang berada di kawasan kawah. Hal tersebut menandakan aktivitas erupsi masih terus terjadi.

“Dimungkinkan intensitasnya akan lebih kecil dibandingkan erupsi sebelumnya,” dia mengakhiri.

Gunung Agung di Bali kembali mengalami erupsi pada dini hari tadi,  Kamis (5/7) pukul 00:37 WITA. Informasi tersebut diperoleh berdasarkan data dari VMBG melalui laporan Magma VAR dari KESDM, Badan Geologi, PVMBG Pos Pengamatan Gunungapi Agung periode 00.00 sampai 06.00 WITA.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *