BPPTKG: Status Waspada Gunung Merapi Belum Perlu Pengungsian Warga

 

 

 

Sukday.com – Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) Yogyakarta secara tegas mengatakan belum diperlukan pengungsian terkait naiknya status Gunung Merapi menjadi waspada.

“Kalau status waspada itu belum ada pengungsian seharusnya,” ungkap Kepala BPPTKG Yogyakarta, Hanik Humaida,  Selasa (22/5/2018).

Walaupun berstatus waspada masyarakat masig dapat menjalankan aktivitas seperti umumnya, tetapi mereka tetap harus berwaspada. Masyarakat harus suap mengungsi bila status dinaikan menjadi siaga. “Waspada saja belum perlu ada pengungsian karena belum adanya ancaman, resiko,” imbuhnya.

Manager Pusdalops BPBD DIY, Danang mengatakan masyarakat disekitar lereng Merapi yang mengungsi pada dini hari tadi merupakan inisiatif mereka sendiri, bukan lantaran adanya instruksi dari BPBD ataupun relawan.

“Yang dilakukan kemarin adalah proses reaktif. Jadi menyikapi situasi kemudian (warga) reaktif, termasuk warga dengan modal sosial dan kesiapsiagaannya mereka (melakukan) evakuasi mandiri,” katanya.

Kepala Pelaksana BPBD DIY, Biwara Yuswantana mengatakan beberapa warga yang sempat mengungsi pada dini hari tadi sudah pulang ke kediamannya masing-masing. Lantaran setelah diamati rupanya tidak terdapat aktivitas Merapi yang berbahaya.

“Kemudian warga yang sempat turun (mengungsi) setelah sahur kini naik (pulang) lagi. Ini yang akan kita diskusikan, polanya seperti ini dan bagaimana langkah kita selanjutnya,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *